Tips Merawat Knalpot Andalanmu Yang Gak Akan Bikin Ribet

Ternyata punya knalpot yang berisik dan sering mengeluarkan semburan maut bisa bikin malu gebetan kamu saat lagi kencan loh. Makannya yuk, kita rawat knalpot mobil dengan baik agar tidak menjadi masalah.

Bagi sebagian orang, merawat knalpot mobil sering sekali dilupakan dan dianggap sepele. Padahal knalpot yang jarang dirawat dan diperiksa rawan berkarat sampai menyebabkan keropos.

Nah, buat kamu yang gak ingin mengalami kondisi seperti itu, alangkah baiknya menyimak beberapa tips merawat knalpot mobil yang baik dan benar, seperti:

#1 Gunakan sikat kawat, amplas halus, dan lap

Ketiga alat ini penting disiapkan untuk membersihkan knalpot bagian luar yang berkarat. Cukup membersihkan dengan cara menge-lap, menyikatnya dengan rutin, dan meng-amplas jika mulai timbul karat

#2 Gunakan cairan anti karat

Kalau mobil kamu kena air hujan, segeralah cuci mobil dengan air bersih dan shampo khusus mobil. Lalu, keringkan bagian mobil sampai benar-benar kering dan semprot cairan anti karat di bagian tertentu

#3 Tuangkan beberapa tetes oli ke dalam lubang knalpot

Cara ini penting banget nih untuk menghindari muncul karat dibagian dalam knalpot. Jangan panik ketika knalpot kamu mengeluarkan asap putih waktu menyalakan mesin, karena ini merupakan hasil pemuaian dari oli yang sudah kamu masukkan ke dalam lubang knalpot

#4 Panaskan mesin mobil

Meskipun kamu jarang menggunakan mobil, jangan pernah lupa memanaskan secara rutin. Penting banget untuk mencegah munculnya karat pada beberapa bagian mobil, termasuk knalpot

Kalau kamu rajin mempraktikkan beberapa tips ini, percaya deh kalau knalpot kamu akan baik-baik saja dan tentunya bebas dari karat. Kalau kamu malas mengganti knalpot kamu yang udah terlanjut berkarat, ganti aja mobil lama kamu dengan yang baru.