Peluang Kerja di Bidang Otomotif Menjanjikan Penghasilan Besar Lho! Berminat?

Kamu ahli untuk mengerjakan mobil tradisional, mobil yang masih berbahan bakar bensin, maupun terlibat dalam pekerjaan inovatif di industri mobil listrik yang sedang berkembang saat ini. Bergantung dengan pendidikan dan keahlian khusus yang kamu miliki, bekerja di industri otomotif ini bisa menjadi ladang pencarian yang sangat bagus.

Beberapa pekerjaan bahkan memberikan prospek yang bagus dimasa depan dengan gaji yang cukup menggiurkan. Berikut diantaranya:

#1 Desain Industri

Pekerjaan perancang industri mempengaruhi kehidupan kebanyakan orang setiap hari karena mereka bertanggung jawab merancang dan mendesain ulang produk agar lebih fungsional dan user-friendly  dibandingkan versi sebelumnya.

Perancang industri ini dapat fokus pada sejumlah barang produsen, termasuk mobil. Mereka dapat merancang mobil baru, memberikan peningkatan yang up to date, maupun menggabungkan fitur baru.

#2 Sales Supervisor

Industri otomotif tidak akan lengkap tanpa adanya pertimbangan pada posisi tenaga penjualan yang membuat koneksi antar mobil baru dengan pemilik barunya bisa terjadi. Gaji seorang sales mobil biasanya dikaitkan dengan dealer tempat dimana mereka bekerja. Struktur kompensasi dan memiliki banyak bonus yang bisa mereka dapatkan untuk sejumlah penjualan harus dapat diatur juga.

Pengawas pertama dalam bidang sales bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja, mereka bisa mendapatkan gaji dengan rata-rata US$ 74.270 atau setara dengan Rp 1 Miliar dalam setahun.

#3 Perbaikan Bodi Mobil

Profesi yang mengkhususkan diri dalam bidang perbaikan bodi mobil mempunyai rata-rata gaji yang lebih besar dibanding dengan bidang lain. Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja pada tahun 2010, karyawan perbaikan bodi bisa mendapatkan sampai dengan Rp 500 Juta rupiah selama setahun atau sekitar Rp 40 Juta per bulan.

#4 Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik merupakan bidang baru dalam industri otomotif. Pekerjaan ini biasanya membutuhkan keahlian khusus dan pendidikan yang tinggi. Karena itu, maka tidak salah jika pekerjaan ini juga menjanjikan gaji yang cukup tinggi.

Seiring berkembangnya ilmu teknologi, maka kendaraan listrik diyakini menjadi salah satu tonggak penumpu industri otomotif di masa depan. Mekanik elektronik rata-rata bisa mendapatkan sampai dengan US$ 100.540 atau sama dengan Rp 1.3 Miliar setahun. Selain itu, pengembang perangkat lunak dan manajer produksi untuk industri mobil listrik bisa memperoleh gaji sampai dengan Rp 1 Miliar per tahun.

#5 Balap Mobil

Balapan mobil adalah bidang olahraga yang sangat menguntungkan di dunia industri otomotif. Menurut Biro Statistik Amerika, untuk seorang yang melakukan reparasi bodi dalam balap mobil selama setahun bisa menghasilkan Rp 720 Juta atau sama dengan Rp 60 Juta perbulan.

Ahli mekanik memimpin dengan gaji tertinggi dalam dunia balap mobil yaitu dengan rata-rata US$ 78.320 per tahun atau setara dengan lebih dari Rp 1 Miliar. Lowongan mekanik dalam balapan mobil ini banyak dicari oleh para mekanik karena profesi dan penghasilan yang menjanjikan.