Ini Lho Bedanya Motor Matic dan Manual

Bagi kamu yang sedang berencana untuk membeli motor, mungkin saat ini sedang bingung memilih antara motor manual ataukah matic yang sebaiknya dibeli. Sebenarnya, kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Dan jangan lupa, kamu juga harus mempertimbangkan kemampuan keuanganmu, ada baiknya jika kamu mengecek daftar harga oli motor matic dan manual sebelum memutuskan, karena ganti oli merupakan service rutin yang wajib dilakukan. Bahkan, bagi orang yang tidak terlalu peduli dengan perawatan motornya sekalipun, ganti oli secara berkala biasanya tetap dilakukan.

Setelah mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk oli dan merasa bahwa biaya untuk matic maupun manual masih berada dalam batas kemampuanmu, langkah selanjutnya adalah memahami perbedaan keduanya seperti berikut ini:

  • Perawatan Mesin

Dibandingkan dengan motor manual, perawatan motor matic bisa dibilang lebih susah. Mengapa? Hal ini disebabkan karena mesin motor matic tertutup dan lebih rumit. Sedangkan mesin motor manual lebih terbuka sehingga lebih mudah dibersihkan. Oleh karena itu, tak heran kalau perawatan mesin motor matic pun lebih mahal dari motor manual.

  • Bodi Motor

Bisa diperhatikan, bodi motor matic cenderung lebih ringan dibandingkan dengan motor manual. Sekarang memang banyak motor matic yang memiliki bodi lebar tapi rata-rata bodinya lebih pendek ketimbang motor manual. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa motor matic lebih banyak digemari oleh masyarakat. Joknya cenderung lebih nyaman dan wanita pun bisa dengan mudah menggunakan motor matic karena bodi motor cenderung lebih pendek daripada motor manual.

  • Transmisi

Selain faktor bodi yang lebih ringan dan pendek, motor matic juga tidak memerlukan pindah gigi sehingga lebih praktis digunakan, terlebih saat kondisi jalanan macet. Berbeda dengan motor manual, kamu perlu memindah transmisi secara manual sehingga agak menguras tenaga. Namun keuntungan transmisi manual adalah saat melalu tanjakan. Motor manual akan lebih tangguh saat menaiki tanjakan karena kamu bisa mengatur gigi motor. Sedangkan motor matic tidak disarankan untuk melalui tanjakan yang terjal karena dapat berbahaya.

  • Oli

Jenis oli yang digunakan kedua jenis motor ini pun berbeda. Bukan hanya dari kekentalannya, oli motor matic dan manual pun memiliki fungsi yang berbeda. Oli motor matic mengandung zat aditiv untuk menambah tingkat pelumasan oli agar performa motor matic juga meningkat. Sedangkan oli motor manual juga berfungsi untuk meningkatkan daya gesekan kopling agar tidak mudah selip.

Demikianlah perbedaan antara motot matic dan manual. Jika kamu perhatikan, dari beberapa poin di atas akan terlihat kelebihan dan kekurangan motor matic. Jadi, setelah membaca artikel ini, apakah kamu tetap memilih motor matic ataukah motor manual, keputusan ada ditanganmu. Semoga info ini bermanfaat